Jumat, 04 Juli 2014

Seperti Apa "Wajah" Internet 100 Tahun Lagi?

Filled under:



Banyak hal yang terkandung di dalam internet. Dunia digital tersebut juga telah berevolusi dengan cepat. Mulai dari tampilan web sederhana hingga kini menawarkan beragam konten. Lalu seperti apakah "wajah" internet dalam waktu 100 tahun lagi?

WhoIsHostingThis.com telah membuat prediksi seperti apa internet dalam kurun 1 abad ke depan. Prediksi tersebut ditampilkan dalam bentuk infografis yang bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Ramalan yang dibuat tersebut berdasar pada teknologi yang sudah ada saat ini, dan dengan membaca ke arah mana teknologi tersebut menuju. WhoIsHostingThis.com juga tidak menjamin ramalannya akurat 100 persen. Beberapa ramalannya juga diprediksi bisa datang lebih cepat.

Menurut perusahaan penyedia jasa internet tersebut, di masa depan, jaringan internet yang canggih akan digunakan dalam waktu 100 tahun lagi. Jaringan tersebut bisa menghubungkan orang-orang di seluruh dunia hingga ke pedalaman.

Nyaris semua benda yang ada di sekitar kita juga diprediksi akan terhubung dengan internet. Bahkan, badan kita sendiri juga akan bisa dipasangi banyak sensor untuk mengukur kesehatan dan kebugaran. Teknologi Augmented Reality juga akan semakin meluas penggunaannya.

Salah satu spekulasi yang sedikit berani adalah ramalan bahwa otak manusia bisa terhubung dengan komputer agar bisa bekerja lebih cepat dan lebih baik.

Buku bacaan di masa depan juga akan dilengkapi dengan teknologi baru yang disebut dengan "Sensory Fiction," yang bisa memberikan sensasi berdasar pada cerita yang sedang dibaca.

Teknologi baru juga akan lahir. Di antaranya adalah virtual reality yang semakin banyak diimplementasikan di banyak sendi kehidupan, serta translasi bahasa secara real time.

Semua hal yang masih merupakan fantasi saat ini disebut akan bisa dilakukan seratus tahun lagi, seperti email yang membawa obyek tiga dimensi, menandai dokumen atau login dengan DNA.

Dan seperti di film-film fiksi sains, kita akan bisa berkomunikasi dengan orang lain yang tinggal di tempat yang berbeda dengan hologram. Teknologi-teknologi itu bahkan diprediksi sudah bisa hadir dalam waktu lebih cepat, 20 tahun lagi.

0 komentar :

Posting Komentar