Selasa, 01 Juli 2014

Ladybird, Robot Bertenaga Surya yang Diciptakan untuk Membantu Petani di Ladang

Filled under:


Pekerjaan di sawah merupakan salah satu jenis mata pencaharian yang berat. Terlebih di sana dibutuhkan banyak tenaga kasar untuk mengolah ladang dan sawah sehingga bisa ditanami tanaman. Namun di luar negeri, pengolahan sawah tak hanya melibatkan manusia, namun juga turut mempekerjakan robot canggih.

Salah satu robot yang secara khusus dibuat untuk membantu para petani adalah Ladybird. Robot ini merupakan sebuah robot yang dibuat dengan menggunakan tenaga dari pancaran sinar matahari. Ladybird ini pun merupakan hasil dari proyek penelitian senilai 1 juta USD dari Universitas Sydney di Australia.


Robot ini mempunyai bentuk yang sangat besar. Tubuh besar robot tersebut ditutupi oleh sel surya yang digunakan untuk memanen pancaran sinar matahari. Selanjutnya, energi yang dikumpulkan dari sel surya itu digunakan untuk menggerakkan robot.

Robot Ladybird ini didesain untuk bisa melakukan berbagai hal. Di antaranya adalah membantu serta memonitor hasil panen sayuran. Robot ini bisa berjalan secara otomatis dengan menggunakan laser sebagai panduan. Sensor pada robot ini juga mampu mendeteksi kondisi sayuran dan jenis hama. Sebagai tambahan, robot ini mempunyai lengan yang bisa digunakan untuk mencabut rumput dan sebagainya.

0 komentar :

Posting Komentar