Rabu, 23 Juli 2014

Kertas Model Baru Pengganti USB

Filled under:



Ilmuwan mengembangkan suatu perangkat penyimpanan data atau datastickies yang sekilas tampak seperti selembar kertas.

Ketika mentransfer data, cukup tempelkan ke komputer atau di depan perangkat lain. Namun, teknologi terkait masih dalam tahap pengemabangan, dan diharapkan suatu hari dapat menggantikan perangkat USB flashdisk yang populer saat ini.

Melansir Daily Post and Telecommunications News, datastickies yang tipis bak kertas itu mirip dengan kertas catatan yang sesungguhnya, dapat ditumpuk di atas kertas, dan bila diperlukan, cukup ambil selembar untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Datastickies terbuat dari graphene dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda, kapasitas terbesar 32GB. Graphene adalah suatu lapisan datar tipis berbentuk kisi kristal seperti sarang lebah yang terdiri dari atom karbon, adalah nanomaterial yang paling tipis dan keras di dunia saat ini, lebih keras dari baja dan tentu saja lebih ringan.

Menurut designer dari New Delhi, India Aditi Singh dan profesor dari sebuah Universitas setempat, Parag Anand Singh, bahwa teknologi terkait mungkin dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna, karena Flashdisk seperti USB itu harus secara akurat dicolokkan ke perangakat komputer saat menggunakannnya.

Selain itu, slot USB banyak terdapat di bagian belakang pada komputer model desktop, sehingga lebih tidak praktis lagi dalam penggunaan USB. Konsep desain pada datastickies adalah mentransfer data melalui kertas yang ditempelkan pada perangkat.

Datastickies menggunakan suatu perekat konduktif khusus yang dapat direkatkan juga dapat ditempelkan pada peralatan elektronik. Perancang terkait menuturkan, bahwa itu adalah suatu "perekat sensitif tekanan rendah", dapat digunakan berulang kali tanpa meninggalkan jejak, sama seperti kertas catatan yang dapat ditempelkan secara berulang kali.

Datastickies tergantung pada jenis dan ukuran, memiliki warna dan pola yang berbeda. Mereka (datastickies) juga dapat ditumpuk bersama untuk menambah kapasitas. Anda juga dapat menulis catatan pada permukaan datastickies. Jika perlu mentransfer data, Anda cukup mengambil satu lembar kertas penyimpanan data.

Perancang terkait mengatakan, "Datastickies tidak mudah hilang, karena mereka dapat ditempelkan pada benda apapun. Mereka juga menyediakan sebuah jembatan di dunia maya dan dunia nyata. Data komputer menjadi lebih mudah terhubung dengan hal ihwal sesungguhnya, sebab mereka dapat menggabungkan obyek yang berhubungan dengan fisik."

Graphene merupakan material baru, banyak yang mengatakan, bahwa material baru ini akan mengubah banyak pola kerja sehari-hari. Namun, masih membutuhkan beberapa tahun lagi untuk mengkomersilkan produk baru ini.

"Kami juga sedang menimbangkan untuk mengembangkan produk pendukung dan aplikasi, serta akan mempertahankan konsep dasar teknologi yang manusiawi, dan menjadikan hubungan di dunia nyata sebagai fokus kami," kata perancang Datastickies.

0 komentar :

Posting Komentar