Kamis, 10 Juli 2014

iPhone 6 Akan Dirakit oleh Robot?

Filled under:



Perusahaan perakit perangkat Apple, Foxconn berencana menggunakan tenaga robot untuk memproduksi gadget-gadget Apple di masa mendatang. Gadget Apple yang paling dekat yang akan dikerjakan oleh robot adalah iPhone 6.

Menurut Phone Arena (7/7/2014), walau baru-baru ini Foxconn telah merekrut 10 ribu karyawan baru untuk merakit iPhone 6, namun di masa mendatang akan ada 10 ribu robot Foxconn (Foxbot) yang membantu proses perakitan.

Robot-robot tersebut akan ditempatkan langsung di jalur produksi Foxconn mengerjakan tugas-tugas rumit, karena produk-produk Mac, iPhone, dan iPad semakin hari semakin memiliki desain dan proses produksi yang kian rumit.

Prosedur perakitan yang makin rumit itu bisa membuat pekerja biasa menjadi stress dan mudah lelah. Inilah yang ingin dihindari oleh Foxconn.

Walau demikian, Apple juga akan tetap mematok standar hasil produksi gadget-gadget yang dibuat oleh robot-robot Foxconn itu.

Harga masing-masing robot tersebut ditaksir senilai 20 ribu hingga 25 ribu dollar AS. Masing-masing unit direncanakan mampu mengerjakan 30 ribu perangkat tiap tahunnya.

Dengan menggunakan tenaga robot ini, maka Foxconn akan memiliki tenaga kerja yang bisa terus menerus merakit gadget-gadget Apple, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 365 hari dalam setahun.

Selain itu, dengan menggunakan tenaga robot, maka Foxconn juga meminimalisir mogok kerja atau demonstrasi yang bisa saja terjadi jika mempekerjkan karyawan manusia.

Usaha Foxconn untuk menggunakan robot sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2011 lalu. Saat itu ada sekitar 10 ribu unit robot yang dioperasikan. Foxconn berencana menambah unit robotnya menjadi 1 juta pada tahun 2014 ini.

0 komentar :

Posting Komentar