Kamis, 03 Juli 2014

Meteorit 'penebar' kehidupan di bumi ditemukan

Filled under:


Penemuan meteorit atau meteor yang berhasil mendarat di bumi memang lazim terjadi. Tetapi penemuan meteorit yang satu ini berhasil membuat peneliti geleng-geleng kepala.

Sebuah meteorit yang ditemukan di sebuah tambang di Swedia ini terhitung spesial. Bagaimana tidak, meteorit yang diberi nama "L chondrites" ini diperkirakan termasuk meteorit generasi awal yang membombardir bumi sekitar 470 juta tahun yang lalu, Gizmodo (02/07).

L chondrites sendiri kemungkinan besar adalah pecahan dari asteroid raksasa misterius yang pernah mampir ke bumi kita. Pada tahun-tahun itu, diketahui jika kehidupan di bumi mulai muncul dan berkembang dengan sangat pesat, memunculkan beragam jenis makhluk hidup baru.

Menurut New Scientist, hujan meteor dalam jumlah banyak akan memicu perubahan ekologi secara drastis. Perubahan itu diketahui juga menimbulkan keadaan lingkungan yang mendukung terjadinya kelahiran banyak spesies baru.

Hal tersebut didukung dari hasil penemuan lain yang menunjukkan jika fosil-fosil tertua di muka bumi mempunyai umur yang sama dengan meteorit L chondrites.

Para ilmuwan memang percaya jika kehidupan di bumi dibawa oleh meteorit-meteorit yang jatuh ke bumi. Meteorit itu dianggap membawa bahan-bahan kehidupan seperti air dan mineral lain. Tetapi untuk penelitian yang lebih mendalam cenderung sulit untuk dilakukan karena kebanyakan dari meteorit itu telah hancur atau teroksidasi ketika sampai di permukaan bumi.

0 komentar :

Posting Komentar