Jumat, 04 Juli 2014

Prosesor Baru Intel "Dipaksa" hingga 5,5 GHz

Filled under:


Core i7-4790K adalah seri prosesor baru dari Intel yang ditujukan untuk kalangan pengguna enthusiast, termasuk overclocker yang gemar memacu kecepatan prosesor di luar batas spesifikasi.

Nah, untuk membuktikan ketangguhan prosesor berkode nama Devil's Canyon tersebut, Intel mengadakan kompetisi overclocking pada ajang Computex 2014 di Taiwan, hari Selasa (3/6/2014) malam.

Para peserta diminta menggenjot frekuensi kerja Core i7-4790K setinggi mungkin. Hasilnya? "Kami memecahkan rekor dunia dan berhasil mencapai kecepatan 5,5 GHz dengan hanya berbekal (pendingin) udara," kata Lisa Graff, Wakil Presiden Grup PC Client Intel, keesokan harinya.

Core i7-4790K sendiri memiliki arsitektur yang sama dengan seri prosesor generasi sebelumnya, Haswell. Meski demikian, Intel mengganti sejumlah komponen lain di luar inti prosesor. "Kami antara lain memuluskan jalur daya dan meningkatkan kualitas penghantar panas memakai polimer thermal interface untuk menaikkan frekuensi," jelas Graff.

Core i7-4790K merupakan cip desktop pertama dari Intel dengan empat inti yang berjalan dengan kecepatan standar sebesar 4 GHz. Prosesor ini memiliki faktor pengali (multiplier) terbuka sehingga mudah di-overclock.

Intel belum mengungkapkan banderol Core i7-4790K, tetapi disebutkan bahwa harga jualnya akan sama dengan prosesor Core i7-4770K yang dihargai sekitar Rp 3,9 juta di pasaran Tanah Air.

0 komentar :

Posting Komentar