Senin, 21 Juli 2014

Gencatan Senjata Siap Kembali Diberlakukan di Gaza

Filled under:




Masyarakat Gaza mungkin akan kembali merasakan ketenangan dan kedamaian untuk sementara waktu. Palang Merah internasional (ICRC) tengah mengajukan gencatan senjata sementara selama tiga jam, agar bisa menyalurkan bantuan kemanusiaan ke wilayah itu.

Melansir Channel News Asia, Minggu (20/7/2014), Hamas dikabarkan sudah menerima proposal dari ICRC tersebut. Bila gencatan senjata terjadi, maka ini adalah kali kedua gencatan senjata kemanusiaan dilaksanakan di Gaza, setelah beberapa hari lalu PBB meminta hal yang sama.

"ICRC menghubungi (kami) dan menawarkan proposal gencatan senjata kemanusiaan selama tiga jam untuk memungkinkan ambulans untuk mengevakuasi korban tewas dan luka dan Hamas menerimanya," ungkap juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri.

“Namun, sayangnya pemerintah Israel sendiri belum menyetujui rencana gencatan senjata ini,” Zuhri menambahkan. Pemerintah Israel sendiri menyatakan mereka hingga saat ini masih mencoba mempelajari propsal yang diajukan ICRC itu.

Seorang juru bicara ICRC menolak untuk mengkonfirmasi hal itu namun dia juga tidak memberikan sanggahan akan laporan tersebut. “Kami akan mencoba setiap usaha untuk memastikan kami dapat mengevakuasi korban tewas dan terluka di sana," ungkap pihak ICRC.

Langkah ini muncul saat Israel terus menggempur beberapa lingkungan di timur Kota Gaza, yang menewaskan sedikitnya 40 orang tewas dan hampir 400 orang terluka. Intensitas serangan yang semakin meninggi juga telah membuat bantuan internasional terhambat, Mesir tidak mengijinkan seorangpun melewati perbatasan untuk kemanan mereka.

0 komentar :

Posting Komentar