Rabu, 23 Juli 2014

Google Doodle Tampilkan Congklak Sambut Hari Anak Nasional

Filled under:



Peringatan "Hari Anak Nasional" yang jatuh pada hari ini (23/7) juga turut dirayakan oleh Google. Melalui Google doodle, raksasa internet itu menampilkan permainan khas Indonesia, congklak, dalam laman utamanya.

Permainan congklak dipilih karena mewakili nuansa keceriaan khas anak-anak Indonesia. Atau, bisa juga sebagai pengingat lagi untuk orang tua dan anak-anak tentang permainan tradisional yang kini mulai dilupakan tersebut.

Permainan congklak sendiri mempunyai nama beragam, tergantung daerahnya. Di Jawa, permainan ini dikenal dengan nama "dakon". Sementara di daerah Sumatera, sering disebut "congkak". Adapun masyarakat Sulawesi menyebut permainan ini dengan "mokaotan", "maggaleceng", "aggalacang" atau "nogarata".

Doodle ini hanya akan terlihat bila pengguna mengunjungi halaman awal Google di Indonesia. Jika disorot menggunakan kursor tetikus, terlihat tulisan "Hari Anak Nasional".

Sementara itu, "Hari Anak Nasional" bermula dari gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak. Sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44 Tahun 1984, "Hari Anak Nasional" diperingati setiap 23 Juli

0 komentar :

Posting Komentar