Kamis, 31 Mei 2018

Tiap Semenit, 10 Orang Meninggal di Dunia Akibat Rokok | PT SOLID GOLD BERJANGKA


PT Solid Gold Berjangka - Setiap menit, hampir 11 juta batang rokok diisap di dunia & 10 orang meninggal karenanya. Di Indonesia, 76% pria dewasa merokok. Berikut adalah beberapa fakta & angkanya.

Terdapat sekitar satu miliar perokok di dunia atau sekitar sepertujuh dari populasi global, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) & studi lainnya.

Cina menempati angka tertinggi: dari penduduknya 1,3 miliar, sekitar 315 jutanya adalah perokok & mereka mengonsumsi lebih dari sepertiga dari rokok dunia, demikian WHO menyebutkan dlm sebuah laporan tahun lalu. Namun jika dilihat dari prosentase penduduk, Indonesia menempati prosentase penduduk sebagai perokok terbesar di dunia: 76 persen pria berusia di atas 15 tahun tercatat sebagai perokok. Sekitar 80 persen perokok dunia hidup di negara berpenghasilan rendah & menengah & 226 juta di antaranya dianggap miskin.

Sebuah penelitian yg diterbitkan dlm jurnal medis The Lancet pada April 2017 mengatakan persentase orang yg menggunakan tembakau setiap hari telah menurun dlm 25 tahun. Satu dari empat pria & satu dari 20 perempuan merokok setiap hari pada tahun 2015. Angka itu turun dari jumlah sebelumnya, satu dari tiga pria & satu dari 12 perempuan pada tahun 1990.

Tetapi penurunan tingkat merokok di beberapa negara "hampir seluruhnya diimbangi oleh meningkatnya konsumsi di banyak negara dgn peraturan pengendalian tembakau yg lemah," kata organisasi anti-rokok: The Tobacco Atlas. Ini termasuk di bagian dunia yg lebih miskin, khususnya di sub-Sahara Afrika.

Penggunaan tembakau telah menurun di tempat-tempat seperti Australia, Brasil & Inggris, di mana tindakan anti-merokok termasuk pajak yg lebih tinggi, larangan & peringatan kesehatan. Rokok elektronik juga telah memasuki pasar. Penjualan tembakau bahkan menurun di Cina, turun 10 persen dari puncaknya pada tahun 2012, menurut kelompok riset pasar Euromonitor International.

Tembakau adalah penyebab utama kematian yg bisa dicegah, kata para ahli. Merokok aktif atau pasif membunuh lebih dari tujuh juta orang setiap tahun, demikian menurut WHO, dgn konsumsi tembakau yg dianggap sebagai penyebab atas kematian rata-rata satu orang setiap enam detik.

Seorang dokter di Kota Goch, Jerman, Henky Kusdian mengatakan kepada DW bahwa rokok terbukti berbahaya bagi kesehatan manusia: "Merokok merusak pembuluh darah, paru-paru & jantung pada manusia." Ancaman utama kesehatan lainnya akibat rokok adalah kanker & stroke.

Selama abad ke-20, tembakau merenggut 100 juta jiwa - lebih dari 60-80 juta kematian selama Perang Dunia II & 18 juta dlm Perang Dunia I bila digabungkan. Saat ini, tembakau dpt menyebabkan lebih dari satu miliar angka kematian pada abad ke-21, demikian ditegaskan WHO.







Merokok menghabiskan hampir enam persen dari pengeluaran dunia utk perawatan kesehatan serta hampir dua persen dari produk domestik bruto (PDB) global, demikian menurut studi Januari 2017 di jurnal ilmiah, Tobacco Control.

Di seluruh dunia 4,3 juta hektar lahan digunakan utk perkebunan tembakau, papar WHO. Sementara penjualan rokok bernilai lebih dari 680 miliar dollar AS per tahun, demikian menurut Euromonitor.









Cina adalah penghasil utama tembakau, dgn menanam sekitar 40 persen pasokan tembakau dunia, tandas The Tobacco Atlas. Lima perusahaan menguasai 80 persen pasar rokok global. Enam perusahaan terbesar menghasilkan laba lebih dari 62 miliar dollar AS pada tahun 2015.

Perokok di dunia menghabiskan sekitar 5,7 triliun batang rokok setiap tahun, demikian data yg dihimpun The Tobacco Atlas. Filter yg terbuat dari selulosa asetat non-biodegradable telah menjadi jenis sampah yg paling banyak terdapat di pantai-pantai dunia.


(Ad -- Solid Gold Berjangka)

0 comments :

Posting Komentar