Rabu, 12 Juli 2017

PT Solid Gold Berjangka | Kalah di Mosul, ISIS Kuasai Desa di Pinggiran Kota

PT SOLID GOLD BERJANGKA - Setelah dipukul mundur dari Mosul, kelompok militan ISIS dilaporkan mulai menguasai Imam Gharbi, sebuah desa di dekat kota tempat mereka mendeklarasikan kekhalifahan mereka itu.



Seorang pejabat tentara Irak & para penduduk mengatakan, ISIS sudah menguasai sekitar 75 persen di Imam Gharbi & mengerahkan pasukan taktis gerilya.

Kabar ini tersiar setelah Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mendeklarasikan kemenangan negaranya atas kebrutalan & terorisme di Mosul karena pasukan negaranya berhasil memukul mundur ISIS di kota tersebut pada akhir pekan lalu.

Namun, koalisi Amerika Serikat yg membantu pasukan Irak mengalahkan ISIS di Mosul, mengingatkan bahwa kemenangan ini bukan berarti akhir dari perang melawan kelompok militan itu secara keseluruhan.

"Sekarang saatnya bagi semua warga Irak bersatu untuk memastikan ISIS benar-benar dikalahkan di semua wilayah Irak & keadaan yg memungkinkan kebangkitan ISIS di Irak tak kembali lagi," ucap komandan operasi internasional anti-ISIS, Stephen Townsend.

Sementara itu, pembangunan kembali Kota Mosul & membantu warganya untuk bangkit dari keterpurukan jg menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintahan Irak.

Baca Juga : Segede Apa Gaji Karyawan Freeport?

Kemenangan atas ISIS ini memang harus dibayar dgn harga mahal.

Bukan hanya bangunan rusak, tapi jg ratusan warga sipil tewas & setengah populasi kota kabur dari rumahnya sendiri.

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan, sejak operasi perebutan Mosul dilancarkan pasukan Irak pada Oktober lalu, sekitar 920 ribu orang mengungsi.

Sementara sebagian warga sudah kembali, nasib masyarakat lainnya masih terkatung-katung.

Sejumlah kelompok pemerhati HAM jg mengingatkan bahwa krisis kemanusiaan masih jauh dari akhir.

Amnesty International pun mendesak pembentukan satu komisi untuk menyelidiki kekerasan atas warga sipil di Mosul.

(Prz - PT Solid Gold Berjangka)

0 comments :

Posting Komentar