Rabu, 06 Maret 2019

Begini Gejala Demam Berdarah yang Harus Diperhatikan | PT SOLID GOLD BERJANGKA


PT Solid Gold Berjangka - Luangkanlah waktu Anda utk menyimak tulisan berikut agar paham & teredukasi mengenai penyakit demam berdarah. Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yg disebabkan oleh virus dengue yg dibawa oleh nyamuk.

Dulu, penyakit demam berdarah dengue disebut dgn penyakit break bone karena menyebabkan nyeri sendi & otot di mana tulang terasa seperti retak. Demam berdarah ringan menyebabkan demam yg tinggi, ruam, nyeri otot, & sendi. Demam berdarah yg parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah yg tiba-tiba, & dapat berujung pada kematian.

Peta persebaran demam berdarah dengue lebih terkonsentrasi di wilayah dgn iklim tropis seperti Afrika, Asia Tenggara, China, Indi, Amerika Tengah & Amerika Selatan. Di Indonesia penyakit ini cukup populer atau bisa dikatakan mengerikan. Yang pertama akan kita bahas adalah mengenai gejala dr demam berdarah dengue.

Gejala demam berdarah & jenis-jenisnya

Yang pertama adalah klasifikasi dr demam berdarah dengue itu sendiri yg terdiri dr 3 jenis. Tiap jenis dr demam berdarah dengue akan memiliki gejala yg berbeda satu sama lainnya. Jenis yg pertama adalah demam berdarah klasik, yg kedua adalah dengue hemorrhagic fever, & yg ketiga adalah dengue shock syndrome. Mari kita bahas gejala demam berdarah klasik terlebih dahulu.

Gejala demam berdarah klasik dimulai dgn demam selama 4 sampai 7 hari setelah tergigit oleh nyamuk demam berdarah. Tingginya demam pada penyakit ini mencapai suhu 40 derajat celcius. Penderita akan mengalami sakit kepala yg parah, nyeri pada bagian belakang mata, & nyeri pada otot & sendi secara parah. Gejala selanjutnya adalah rasa mual & penderita akan muntah-muntah. Penderita juga akan mengalami ruam di tubuhnya. Ruam ini mungkin muncul di tubuh 3 sampai 4 hari setelah demam, kemudian berkurang setelah 1 atau 2 hari. Namun ruam ini masih akan ada utk beberapa waktu setelahnya. Nah gejala yg menandai Anda negatif dr demam berdarah dengue adalah kadar trombosit normal pada darah Anda. Kadar trombosit normal orang sehat paling rendah adalah 140.000, apabila anda memiliki trombosit di bawah angka tersebut, Anda patut waspada terserang demam berdarah dengue.

Untuk demam berdarah berjenis dengue hemorrhegic fever, gejala demam berdarah sama persis seperti demam berdarah klasik namun ada gejala lain yg menyertainya. Gejala lain tersebut adalah kerusakan pada pembuluh darah & kelenjar getah bening si penderita. Kemudian penderita jenis demam berdarah ini akan menderita pendarahan dr hidung, gusi, atau di bawah kulit yg menyebabkan kulit berwarna keunguan. Jenis demam berdarah ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kematian. Gejala demam berdarah terakhir adalah dr jenis dengue shock syndrome. Jenis demam berdarah ini adalah yg paling parah dibandingkan dgn 2 jenis demam berdarah lainnya. Gejalanya meliputi gejala yg ada pada 2 jenis demam berdarah seblmnya & disertai dgn 3 gejala lain.

Gejala lain yg mengindikasikan seseorang terserang dengue shock syndrome adalah kebocoran di luar pembuluh darah, perdarahan yg parah, & shock. Shock di sini mengakibatkan tekanan darah pada pasien sangat rendah. Jenis demam berdarah ini biasa terjd pada anak-anak & beberapa orang dewasa yg terserang dengue utk kedua kalinya. Penyakit jenis ini seringkali fatal utk anak-anak. Nah apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti pada 3 jenis demam berdarah di atas, sebaiknya perlu waspada & segera memeriksakan diri ke dokter.

Setelah selesai membahas mengenai gejala yg dapat mengindikasikan seseorang terserang demam berdarah, ada baiknya kita sedikit mengenal mengapa demam berdarah terjd. Demam berdarah dengue disebabkan oleh virus yg disebarkan dgn gigitan nyamuk. Ada 4 virus dengue, yaitu virus DEN-1, DEN-2, DEN-3, & DEN-4. Agen pembawa penyakit ini adalah nyamuk dgn famili spesifik yaitu Aedes aegypti & Aedes albopictus. Jenis nyamuk ini dapat membawa virus utk menginfeksi darah manusia dgn gigitan & mentransfer darah terinfeksi ke orang lain. Nah, karena penyakit ini pada dasarnya adalah serangan virus, tubuh Anda setelah sembuh dr penyakit ini akan memiliki imunitas, namun pada batasan tertentu. Ada 4 strain virus tertentu, yg berarti anda bisa saja terinveksi virus yg sama lagi. Pahami gejala-gejala dr penyakit ini agar anda lebih waspada & dapat mengantisipasi penyakit ini dgn lebih baik.


Faktor Kecenderungan Terserang Demam Berdarah

Nah Anda juga harus memahami mengenai faktor risiko. Faktor risiko adalah kondisi seseorang dgn karakteristik tertentu yg memiliki kecenderungan utk lebih besar terserang suatu penyakit. Ada banyak faktor risiko yg meningkatkan kemungkinan Anda terkena demam berdarah dengue. Pertama adalah tinggal atau bepergian di daerah tropis. Karena pada daerah tropis & sub tropis, nyamuk akan lebih aktif, sehingga kemungkinan penyebaran penyakit ini lebih tinggi di daerah tropis & sub tropis. Mengingat hal ini, berarti semua masyarakat Indonesia memiliki potensi yg besar utk terserang penyakit ini. Selanjutnya adalah apabila Anda pernah terinfeksi virus dengue seblmnya, Anda dapat berisiko utk terkena dengue dgn kondisi yg lebih parah drpada seblmnya.

Pengobatan Demam Berdarah

Yang terakhir adalah cara mengobati penderita demam berdarah dengue. Hal yg harus dilakukan seblm mengobati tentu adalah mendiagnosis dulu, apakah benar terserang demam berdarah atau bukan. Pada dasarnya mendiagnosis demam berdarah agak sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan penyakit ini gejalanya serupa dgn beberapa penyakit lain seperti malaria, leptopirosis, & tifus. Diagnosis paling akurat adalah dgn tes laboratorium. Namun tes ini biasanya memerlukan waktu lama utk mengeluarkan hasilnya. Apabila ternyata benar terserang demam berdarah dengue, tentu ada beberapa cara yg bisa dilakukan utk mengobatinya. Sebenarnya tdk ada penanganan spesifik utk penyakit demam berdarah dengue, biasanya penderita akan pulih dalam kurun waktu 2 minggu. Hal paling umum yg dilakukan adalah istirahat yg banyak di tempat tidur atau bed rest. Usahakan utk mengkonsumsi banyak air putih. Gunakan juga obat penurun demam semacam paracetamol. Obat ini dapat menurunkan demam & meringankan rasa sakit. Yang perlu diperhatikan adalah hindr penggunaan obat penghilang rasa sakit semacam aspirin, ibuprofen, & naproxen sodium. Untuk kasus yg lebih gawat semisal demam berdarah dengue jenis dengue hemorrhevic fever & dengue shock syndrome akan memerlukan perawatan medis yg lebih intens.

Apabila ingin melakukan perawatan demam berdarah dengue di rumah, Anda perlu merawat diri dgn cara seperti berikut. Usahakan utk menempati kamar yg menggunakan pendingin ruangan. Hal ini penting utk menghindarkan nyamuk sebagai agen dr virus dengue. Hindr utk beraktivitas di luar ruangan di waktu yg banyak nyamuknya semisal dini hari, senja, atau malam hari. Gunakan penangkal nyamuk, bisa berupa obat nyamuk, kelambu, atau lotion anti nyamuk. Inti dr perawatan ini adalah menghindarkan diri dr nyamuk pembawa virus & mengobati diri dgn obat penurun demam semacam paracetamol. Nah apabila merasa hal ini kurang efektif, Anda akan jauh lebih disarankan utk memeriksakan diri ke dokter & dirawat inap di rumah sakit.

(Ad -- Solid Gold Berjangka)

0 comments :

Posting Komentar