Jumat, 16 Maret 2018

Perangi HOAX, Youtube Gaet Wikipedia Jadi Sekutu | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka - Banyaknya tudingan bahwa YouTube secara tidak langsung membantu menyebar hoax, membuat platform ini bereaksi untuk menyingkirkan informasi miring di dalamnya.

YouTube menggandeng Wikipedia untuk memerangi video-video berbau teori konspirasi yg diunggah ke dalam platform tsb. Nantinya, ensiklopedia online itu akan menyediakan info tambahan pada video terkait agar user tidak terbawa dalam arus informasi yg salah.

Dalam tahap awal fitur ini, YouTube akan fokus pada teori konspirasi yg sudah tersebar cukup luas & memancing perdebatan di dalam platform tsb. Salah satu incarannya adalah video yg menampilkan pendaratan NASA ke Bulan merupakan kebohongan belaka.

Fitur yg akan hadir dalam beberapa bulan ke depan ini merupakan salah satu YouTube dalam memerangi konten bersifat hoax. Terlebih, video tsb dpt memperoleh jutaan views serta memunculkan hal yg kurang mengenakkan bagi pihak terdampak.

"Kami selalu mencari cara-cara baru dalam melawan informasi yg tidak akurat di dalam YouTube. Masih terdpt sejumlah pekerjaan yg harus dilakukan, tapi kami terus menunjukkan kemajuan," ujar juru bicara YouTube.

Salah satu upaya YouTube yg telah dijalankan, terkait dgn melawan kesalahan informasi adalah mengubah algoritma pencariannya untuk mendorong sumber-sumber terpercaya tampil di halaman muka.

Menariknya, baru-baru ini sebuah akun Twitter atas nama @Limerick1914 membagikan screenshot yg menampilkan perbandingan pencarian antara YouTube & Google. Unggahannya ini menunjukkan bahwa YouTube menampilkan hasil pencarian yg lebih 'provokatif' dibandingkan induk perusahaannya itu.

detikINET pun mencoba memasukkan kata kunci "vaccine" untuk dicari di kedua platform tsb menggunakan mode incognito dalam menghindari riwayat pencarian sebelumnya. Hasilnya, YouTube memang memunculkan sugesti yg cenderung lebih provokatif dibanding Google.

Meski begitu, tidak semua kata-kata yg berpotensi mengandung hoax saat dimasukan ke bagian pencarian YouTube & Google memunculkan hasil-hasil yg provokatif.

YouTube memang tengah menghadapi kritikan terhadap hadirnya konten-konten hoax maupun rujukan video berisi teori konspirasi. Sejumlah kejadian spt penembakan di Douglas High School in Florida bulan lalu telah menjadi sasaran pembelokan fakta oleh user tak bertanggung jawab.

Solid Gold Berjangka

Solid Gold

0 comments :

Posting Komentar