Rabu, 28 Maret 2018

Bank Indonesia Masih Pertahankan BI 7 Days Reverse Repo Rate | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka - Bank Dunia mengaku tak kaget dengan keputusan Bank Indonesia (BI) utk mempertahankan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate di tengah kenaikkan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 21-22 Maret lalu memutuskan utk kembali mempertahankan suku bunga acuannya di level 4,25 persen, meskipun bank sentral AS, The Federal Reserves (The Fed), mengerek suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin.

Kepala Ekonom Bank Dunia utk Indonesia Frederico Gil Sander menilai pemangkasan suku bunga yang telah dilakukan sejak 2016 telah memberikan ruang bagi bank sentral utk tetap mempertahankan suku bunganya saat ini. Selain itu, persepsi investor terhadap perekonomian Indonesia jg membaik karena perbaikan stabilitas makroekonomi.


"Kalau dilihat, selisih antara suku bunga yang diterima investor utk surat utang pemerintah Indonesia dan AS telah turun byk. Artinya premi yang diharapkan investor atas investasi di Indonesia telah menurun karena mereka melihat risiko investasi di Indonesia berkurang," ujar Sander, usai menghadiri paparan "Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia" edisi Maret 2018 di Energy Building, Selasa (27/3).

Menurut Sandet, dengan kenaikan suku bunga AS, bank sentral bisa fokus mendorong transmisi penurunan suku bunga acuan tahun lalu ke suku bunga pinjaman di pasar. Dengan demikian, pertumbuhan permintaan kredit dari masyarakat yang masih tertahan di level satu digit bisa meningkat.

Meskipun demikian, Bank Dunia menilai risiko pengetatan moneter yang tdk terduga oleh negara maju tetap membayangi Indonesia. Meskipun normalisasi kebijakan moneter AS dilakukan secara bertahap dan proprosional, pengetatan moneter yang tdk terduga dpt memicu keluarnya arus modal secara mendadak dari negara berkembang.

Karenanya, Indonesia dinilai perlu terus mempertahankan fundamental ekonomi sembari meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.


Solid Gold Berjangka

Solid Gold

0 comments :

Posting Komentar