Senin, 18 Agustus 2014

Andromeda galaksi Terbesar dari Seluruh Massa Galaksi

Filled under:



Sebuah tim peneliti internasional yang melakukan perhitungan terhadap massa galaksi dan Andromeda menemukan bahaw massa galaksi hanya memiliki massa setengah dari massa yang dimiliki Andromeda.

Melansir laporan media asing, galaksi dan galaksi besar Andromeda terletak di kelompok galaksi setempat, dan dari namanya dapat diketahui kalau kedua galaksi ini tidak sama, karena di depan kata galaksi besar Andromeda terselip kata "besar", ini menunjukkan bahwa galaksi Andromeda itu memang sangat besar, sementara luas rentangan galaksi lebih kecil darinya.

Baru-baru ini, para ilmuwan mengumumkan data pengamatan terbaru, yaitu massa galaksi hanya setengah massa-nya Andromeda, asal tahu saja, galaksi itu sekilas tampak besar juga, dengan luas rentangan mencapai 100.000 tahun cahay. Dari gambar di atas dapat dilihat galaksi di sebelah kiri tampak lebih besar dari Andromeda di sebelah kanannya, namun, sebenarnya galaksi jauh lebih kecil daripada Andromeda.

Hasil penelitian terkait berasal dari sebuah tim peneliti internasional, termasuk dari kosmolog Matthew Walker dari Carnegie Mellon University, makalah penelitian mereka dipublikasikan di jurnal Royal Astronomical Society. Makalah terkait menyebutkan, bahwa tim peneliti menggunakan metode baru untuk mengukur massa galaksi, lebih akurat daripada pengukuran sebelumnya. Untuk membuktikan keakuratan metode, peneliti mengukur dengan seksama galaksi di sekitarnya, dan menghitung massa galaksi hanya setengah dari massa yang dimiliki galaksi Andromeda.


Dalam pengamatan terakhir, para peneliti hanya dapat memperkirakan massa galaksi dan galaksi Andromeda, metodenya memperkirakan massa galaksi satelit di sekitarnya, namun, dalam studi terbaru, ilmuwan menggunakan pengukuran jarak untuk memperkirakan massa dari kedua galaksi tersebut, pertama jarak galaksi dan Andromeda yang pengukurannya akurat bahkan termasuk pengukuran jarak galaksi satelit di luar lingkup kelompok galaksi setempat.

Walker, asisten profesor fisika menuturkan, bahwa perkiraan terhadap massa galaksi sudah lebih akurat, namun, karena masalah jarak membuat perkiraan terhadap massa galaksi lainnya terdapat ketidakpastian, setelah memperoleh nilai jarak yang lebih dapat diandalkan, baru bisa menggunakan gravitasi untuk menghitung massa galaksi besar Andromeda.

Selain menghitung materi galaksi yang terlihat, peneliti juga menghitung rasio massa materi gelap yang tak terlihat, jika ditambah dengan perhitungan materi gelap, maka massa galaksi Andromeda adalah dua kali lipatnya massa galaksi, massa dari kedua galaksi ini sebagaian besar terbentuk dari materi gelap.

Penelitian terkait didukung oleh UK Science and Technology Facilities Council, yang dipimpin oleh ilmuwan Jorge PeƱarrubia dari Edinburgh University bidang Physics and Astronomy, penulis lain dari makalah penelitian terkait juga mencakup Yin-Zhe Ma dari University of British Columbia dan fisikawan Alan McConnachie dari Herzberg Institute of Astrophysics.

0 comments :

Posting Komentar