Senin, 22 September 2014

Microsoft Kembangkan Perangkat Penerjemah Lisan Bahasa Asing

Filled under:



Masih menggunakan bahasa asing yang kikuk ketika berkomunikasi dengan orang asing ? hal ini mungkin akan segera berakhir. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia Microsoft mengumumkan, perangkat lunak "Skype Translator".

Perangkat terbaru di bawah bendera Microsoft ini diklaim dapat segera menerjemahkan bahasa asing apa pun di dunia tanpa hambatan. Perangkat ini juga akan segera diluncurkan bersama dengan peluncuran Windows 8.1 akhir 2014 ini, yang akan digunakan lebih awal sebagai app pada Microsoft Windows Mobile.

Masih ingat dengan "Lidah penerjemah" pusaka super "Tinker Bell" dalam komik best seller Doraemon? ia dapat membuat kata-kata anda terdengar seperti bahasa ibu-nya orang asing, sementara bahasa asing bagi anda terdengar seperti bahasa ibu anda. Microsoft mengklaim, bahwa fungsi Skype Translator hampir seperti lidah penerjemah versi nyata.

Melansir laporan "Daily Mail", Skype Translator telah diluncurkan sejak dua tahun lalu, namun pada saat itu perangkat lunak terkait dianggap tidak terlalu akurat, karena itu tidak diumumkan ke publik. Tapi Skype, spesialis yang mempelajari pengenalan bahasa yang umum digunakan di jaringan dan tim Microsoft Translator baru-baru ini mengalami kemajuan besar, dapat mengurangi kekeliruan menidentifkasi bahasa hingga lebih dari 30%.

Dalam video demonstrasi Microsoft, orang Inggris dan orang Jerman berkomunikasi menggunakan perangkat lunak penerjemah instan, hasilnya nyaris sempurna dan lancar tanpa hambatan. Bahasa asing akan dialihkan lebih dulu ke dalam bentuk tulisan, untuk ditunjukkan kepada pihak bersangkutan, kemudian setelah bahasanya dipilih oleh pihak terkait, lalu membacanya keras-keras.

Namun, Microsoft juga mengakui, bahwa teknologi ini masih dalam tahap awal, tetapi sarana terjemahan universal sejenis lidah interpreter ini tidak lagi sejauh galaksi. Setelah Microsoft merilis informasi ini, banyak netizens menyatakan tidak percaya hal itu dapat terwujud ; ada yang mengatakan ini merupakan pekerjaan super berat, mungkin mesin pencari terkemuka Google inc baru dapat melakukannya

0 comments :

Posting Komentar